Semar Berkata Bebas
berbagi kata dengan rasa... berbagi rasa dengan hati...

Belahan Jiwa

Kamis, April 30, 2009


Hidup dalam kesendirian tak mungkin bukan? Tak akan bergerak roda takdir kita sebab kita hanya sendiri..... perlu roda yang lain yang mendorong kita untuk terus melaju.

Hidup dalam angan belaka tak mungkin juga bukan? Hembusan angin keinginan tak akan berhembus tanpa tiupan kipas kenyataan.

Ya... kita memang makhluk rapuh dan ringkih jika berkelana dalam belantara dunia fana ini jika kita tak punya roda dan kipas, seandai mampu pun tak kan sempurna kita melangkah.

Bentangan pikiran dan gulananya jiwa terobati seketika jika kita punya jiwa di raga orang terkasih.....



kuterjemahkan tubuhku ke dalam tubuhmu ke dalam rambutmu kuterjemahkan rambutku jika tanganmu tak bisa bilang tanganku kuterjemahkan tanganku ke dalam tanganmu jika lidahmu tak bisa mengucap lidahku kuterjemahkan lidahku ke dalam lidahmu aku terjemahkan jemariku ke dalam jemarimu jika jari jemarimu tak bisa memetikku ke dalam darahmu kuterjemahkan darahku kalau darahmu tak bisa mengucap darahku jika ususmu belum bisa mencerna ususku kuterjemahkan ususku ke dalam ususmu kalau kelaminmu belum bilang kelaminku aku terjemahkan kelaminku ke dalam kelaminmu daging kita satu arwah kita satu walau masing jauh yang tertusuk padamu berdarah padaku (puisi SATU : Sutardji Calzoum Bachri)

.... hmmm semakin mengelana rasa ke mayapada...
Read On 36 komentar

Racun yang Menyehatkan

Minggu, April 26, 2009

Dahulu kala di negeri Cina, adalah seorang gadis bernama Mei-Hwa. Ia baru menikah dan tinggal di wisma mertua indah. Dalam waktu singkat, Mei-Hwa tahu bahwa ia sangat tidak cocok tinggal serumah dengan ibu mertuanya. Karakter mereka sangat jauh berbeda. Dan Mei-Hwa sangat tidak menyukai kebiasaan ibu mertuanya.

Hari berganti hari, begitu pula bulan berganti bulan. Mei-Hwa dan ibu mertuanya tak pernah berhenti berdebat dan bertengkar. Yang makin membuat Mei-Hwa kesal adalah adat kuno Cina yang mengharuskan ia untuk selalu menundukkan kepala untuk menghormati mertuanya dan mentaati semua kemauannya.
Semua kemarahan dan ketidakbahagiaan di dalam rumah itu menyebabkan kesedihan yang mendalam pada hati suami Mei-Hwa, seorang yang berjiwa sederhana.

Akhirnya, Mei-Hwa tidak tahan lagi terhadap sifat buruk dan kelakuan ibu mertuanya.Dan ia benar-benar telah bertekad untuk melakukan sesuatu. Mei-Hwa pergi menjumpai seorang teman ayahnya yaitu Sinshe Wang yang mempunyai Toko Obat Cina. Ia menceritakan situasinya dan minta dibuatkan ramuan racun yang kuat untuk diberikan pada ibu mertuanya Sinshe Wang berpikir keras sejenak. Lalu ia berkata, "Mei-Hwa, saya mau membantu kamu menyelesaikan masalahmu, tetapi kamu harus mendengarkan saya dan mentaati apa yang saya sarankan. Sinshe Wang masuk ke dalam, dan tak lama ia kembali dengan menggenggam sebungkus ramuan. Ia berkata kepada Mei-Hwa, "Kamu tidak bisa memakai racun keras yang mematikan seketika, untuk meyingkirkan ibu mertuamu, karena hal itu akan membuat semua orang menjadi curiga. Oleh karena itu, saya memberi kamu ramuan beberapa jenis tanaman obat yang secara perlahan-lahan akan menjadi racun di dalam tubuhnya.

Sinshe Wang melanjutkan,“Setiap hari, sediakan makanan yang enak-enak dan masukkan sedikit ramuan obat ini ke dalamnya. Lalu, supaya tidak ada yang curiga saat ia mati nanti, kamu harus hati-hati sekali dan bersikap sangat bersahabat dengannya. Jangan berdebat dengannya, taati semua kehendaknya, dan perlakukan dia seperti seorang ratu." Mei-Hwa sangat senang. Ia berterima kasih kepada pak Wang dan buru-buru pulang ke rumah untuk memulai rencana membunuh ibu mertuanya.

Minggu demi minggu, bulan demi bulan pun berlalu. Setiap hari Mei-Hwa melayani mertuanya dengan makanan yang enak-enak, yang sudah "dibumbuinya". Ia mengingat semua petunjuk dari Sinshe Wang tentang hal mencegah kecurigaan. Maka ia mulai belajar untuk mengendalikan amarahnya, mentaati perintah ibu mertuanya, dan memperlakukannya seperti ibunya sendiri.
Setelah enam bulan lewat, suasana di dalam rumah itu berubah secara drastis. Mei-Hwa sudah mampu mengendalikan amarahnya sedemikian rupa sehingga ia menemukan dirinya tidak pernah lagi marah atau kesal. Ia tidak pernah berdebat lagi dengan ibu mertuanya selama enam bulan terakhir karena ia mendapatkan bahwa ibu mertuanya kini tampak lebih ramah kepadanya.Sikap si ibu mertua terhadap Mei-Hwa telah berubah, dan mulai mencintai Mei-Hwa seperti puterinya sendiri.

Ia terus menceritakan kepada kawan-kawan dan sanak familinya bahwa Mei-Hwa adalah menantu yang paling baik yang ia peroleh. Mei-Hwa dan ibu mertuanya saling memperlakukan satu sama lain seperti layaknya seorang ibu dan anak yang sesungguhnya. Suami Mei-Hwa sangat bahagia menyaksikan semua yang terjadi.
Suatu hari, Mei-Hwa pergi menjumpai Sinshe Wang dan meminta bantuannya sekali lagi.Ia berkata, "Pak Wang, tolong saya untuk mencegah supaya racun yang saya berikan kepada ibu mertua saya tidak sampai membunuhnya!”“Ia telah berubah menjadi seorang wanita yang begitu baik, sehingga saya sangat mencintainya seperti kepada ibu saya sendiri. Saya tidak mau ia mati karena racun yang saya berikan kepadanya."

Sinshe Wang tersenyum. Ia mengangguk-anggukkan kepalanya. "Mei-Hwa, tidak ada yang perlu kamu khawatirkan. Saya tidak pernah memberi kamu racun. Ramuan yang saya berikan kepadamu itu hanyalah ramuan penguat badan untuk menjaga kesehatan beliau. “Satu-satunya racun yang ada, adalah yang terdapat di dalam pikiranmu sendiri, dan di dalam sikapmu terhadapnya, …” tetapi semuanya itu telah disapu bersih dengan cinta yang kamu berikan kepadanya ..."

Sadarkah anda bahwa sebagaimana anda memperlakukan orang lain maka demikianlah persis bagaimana mereka akan memperlakukan anda?
Ada pepatah Cina kuno berkata:

"Orang yang mencintai orang lain, akan dicintai juga sebagai balasannya."
Read On 34 komentar

Koalisi Menuju Istana

Jumat, April 24, 2009



Koalisi menurut bahasa adalah persekutuan, gabungan atau aliansi beberapa unsur, di mana dalam kerjasamanya, masing-masing memiliki kepentingan sendiri-sendiri. Aliansi seperti ini mungkin bersifat sementara atau berasas manfaat. Dalam pemerintahan dengan sistem parlementer, sebuah pemerintahan koalisi adalah sebuah pemerintahan yang tersusun dari koalisi beberapa partai. Koalisi bisa juga merujuk pada sekelompok orang/warganegara yang bergabung karena tujuan yang serupa. Koalisi dalam ekonomi merujuk pada sebuah gabungan dari perusahaan satu dengan lainnya yang menciptakan hubungan saling menguntungkan.

Jadi apa yang ramai kita dengan belakangan ini dari partai-partai pemenang (belum) PEMILU LEGISLATIF pada dasarnya adalah men-sinergikan kemampuan dan menyatukan kekuatan guna membawa bangsa dan negeri ini ke arah yang lebih baik, walaupun bersifat sesaat (5 tahun)

Lalu apa jaminannya bahwa dengan koalisi ini seluruh aspek kehidupan menjadi lebih baik ?

Sedikit berteori nih untuk menjawab pertanyaan di atas hehehe.... boleh didebat kok :

1. Kesungguhan/niat dari peserta koalisi harus tercetus ikhlas, dengan demikian segala unsur pribadi/partai/golongan akan melebur menjadi satu dan patuh pada sistem yang disepakati

2. Aturan koalisi atau bahasa lainnya “bagi-bagi kursi”, harus dibuat hanya berdasarkan kemampuan bukan kepada hal lain apalagi mendasarkan kepada kepentingan “bagi-bagi kursi” tadi.

3. Koalisi penguasa harus diimbangi oleh koalisi oposisi yang juga bersinergi dalam menjalankan fungsinya sebagai pengawas roda bangsa ini, akan sangat mantav jika hanya satu saja koalisi oposisi ini

4. Sistem pembagian kekuasaan dalam koalisi menjadi sangat tidak berguna jika dalam prakteknya nanti hanya satu atau beberapa peserta koalisi saja yang mendominasi seluruh aspek, ini tidak sehat, dan hal ini sangat erat kaitannya dengan point 5.

5. Pertanggung-jawaban atas sebuah program jangka pendek dari koalisi penguasa, wajib ditangung oleh seluruh peserta koalisi bukan hanya oleh pemimpin koalisi, sehingga ketika gagal, rakyat akan tahu siapa yang gagal.....

Dengan 5 point tadi, seluruh komponen bangsa yang berada di luar oposisi penguasa memiliki kerja yang efektif ketika bertugas sebagai pengawas. Mereka hanya tinggal membandingkan point 1 dan 2 dengan point 4 dan 5

Nah.... kalau di awal saja kita sudah ribut dengan hitung-hitungan untung-rugi berkoalisi dengan siapa ? bagaimana jadinya nanti ketika roda bangsa ini akan diputar 5 tahun ke depan....?
Mengapa kita tidak berpikir sebagai sebuah bangsa yaks?
Read On 34 komentar

Blogger Penyebar Fitnah dan Pembohong Dibebaskan

Selasa, April 21, 2009

Judulnya kok gitu ya...? emang ada gitu blogger yang seperti itu..? Pembohong dan Penyebar fitnah...? hehehe... ga lah itu mungkin aparat kejaksaan Korea Selatan saja yang punya anggapan. Blogger Indonesia mah baek-baek semua, apalagi blogger wadya balad semar... mantav.

Park Dae-sung atau lebih dikenal Minerva di dunia blogger dibebaskan oleh pengadilan Korea Selatan atas tuduhan menyebar fitnah dan membohongi publik atas pengakuannya sebagai seorang lulusan S2 amrik dan pernah bekerja di berbagai instansi keuangan dunia, padahal menurut pengakuannya ia hanya seorang pengangguran yang belajar sendiri tentang ilmu keuangan. Nah gambar di atas adalah foto si akang Minerva ini sesaat setelah dibebaskan (katanya... hehehe)

Minerva dalam bahasa Yunani berarti Dewi Kemakmuran, pernah memposting 280 artikel tentang masalah keuangan Korsel dan global, intinya dia menyarankan agar masyarakat berhenti membeli dollar untuk menjaga stabilitas mata uang Won, walhasil Pemerintah Korsel menggelontorkan 2 M USD untuk agar pasar uang tetap berjalan baik. Akibat inilah maka Minerva diajukan ke meja hijau atas tuduhan penyebaran fitnah dan menghasut orang sehingga berdampak negatif atas pasar mata uang.Namun, Pengadilan Korsel kemudian membebaskan segala tuduhan at as Minerva dengan alasan Jaksa tak cukup bukti kuat.
Hebatnya lagi, sang Minerva ini pernah meramalkan kejatuhan bank amrik terbesar dan terbuki Lehman Brother collaps (rasain lo... hehehehe)

Di Korsel setiap orang yang menyebar fitnah di internet diancam hukuman 5 tahun penjara atau denda 50 juta Won yaaaa..... sekitar Rp. 370 juta.... wew.... guede banget.
Nah di Indonesia gimana yaks....
Read On 40 komentar

Pasir dan Batu

Senin, April 20, 2009

Sahabat setia semar tak pernah lekang mengirimi hadiah-hadiah yang berharga, selanjutnya semar hadiahkan lagi untuk kemenakan dan sobat-sobat semar semua :

Kisah ini menceritakan tentang dua Sahabat yang berjalan melintasi gurun pasir
Seiring berjalannya waktu mereka mulai bertengkar dan yang satu menampar pipi sahabatnya
Yang ditampar pipinya hatinya terluka, tapi tanpa berkata sepatah kata pun
dia kemudian menulis di pasir :
"HARI INI SAHABAT BAIKKU MENAMPAR WAJAHKU"

Mereka meneruskan perjalanannya sampai menemukan sebuah oasis,dimana mereka memutuskan untuk beristirahat dan mandi.
Tetapi orang yang wajahnya ditampar, terjebak di pasir penghisap dan tenggelam; tetapi sahabatnya berhasil menyelematkannya.
Setelah pulih keadaannya,dia mengukir kalimat di sebuah batu :
"HARI INI SAHABAT BAIKKU TELAH MENYELAMATKAN HIDUPKU"

Orang yang telah menampar sahabatnya dan kemudian menolongnya,lalu bertanya :
"Setelah aku menampar kamu menulis di pasir,dan sekarang kamu menulis di batu,
kenapa begitu?"
Sahabat yang ditanya menjawab :
"Ketika seseorang menyakiti, kita harus menuliskannya di pasir;sehingga angin bisa memafkan kita dengan meniupnya lenyap tak terbekas"
"Tapi saat orang melakukan kebaikan untuk kita,kita harus mengukirnya di batu; supaya tidak ada satu angin punyang sanggup menghapuskan ingatan indah itu"

BELAJARLAH UNTUK MENULISKAN KEPEDIHANMU DI PASIR DAN MENGUKIR
PENGALAMAN BAIKMU DI BATU CADAS

Orang bijak berkata memerlukan waktu satu menit untuk bisa menemukan seseorang yang spesial, satu jam untuk bisa menghargainya, satu hari untuk bisa menyukai dan mengasihi.
Tetapi dibutuhkan waktu seumur hidup untuk bisa melupakannya.
Read On 32 komentar

Kereta Api, Pahlawan dan Mendung

Jumat, April 17, 2009


Dua hari kemarin Semar mampir ke salah satu Kutha Budhaya di Jawa Tengah, ya betul Kota Solo, sudah lama tidak singah di sini. Kota ini pernah jadi primadona Semar untuk dikunjungi beberapa tahun lalu. Kota ini unik dan yang paling menarik adalah nuansa kultur Njawi masih kental meskipun hutan beton Mall sudah muncul dimana-mana.

Seketika berjalan di Jalan Slamet Riyadi, rindu juga melihat Kereta api yang tanpa jalur khusus meraung-raungkan pluitnya sekedar minta perhatian pengguna jalan lainnya, ini unik karena rel dengan jalan bersatu tanpa ada pembatas dan hebatnya minim kecelakaan........!!!! Akhirnya jadi ingat dengan bangsa ini, banyak jenis kendaraan (politik), berbeda visi, beda cita-cita, beda plaform, semoga minim kecelakaan juga seperti sang kereta api di jalan Slamet Riyadi Solo ini.

Di sela tugas entah mengapa seorang kawan membawa Semar berkunjung ke sebuah komplek pemakaman (Keluarga) mantan penguasa Negeri ini, Astana Giri Bangun berada di sebuah bukit di tengah hamparan sawah, penduduk sekitar sudah tampak mapan dari sisi ekonomi, entah mengapa sepertinya roda ekonomi di sini berjalan lebih cepat.

Hmmmm... menarik..... suasana sang empunya astana sudah tampak bahkan ketika masih jauh di area parkir... semakin kental ketika kita meminta izin (mendaftar), pertanyaan yang muncul pertama dari punggawa (penjaga) astana adalah “apakah ada kaitan dengan keluarga almarhum?”.. seadanya kami jelaskan tidak.. kami sekedar ingin berziarah tanpa pretensi apa-apa...asli... suer....

Undakan tangga menuntun kami ke sebuah ruangan yang bernuansa gelap... mungkin ingin menggambarkan bahwa kerabat masih sangat berduka dengan kehilangan sang penghuni astana... ornamen jawa semakin jelas terlihat..... punggawa astana membacakan kami beberapa peraturan yang harus kami patuhi selama berada di area pusara.... wah... hebat... salut... bukan hanya ornamen bangunan yang mengembarakan kita ke masa lalu bangsa ini... tapi dalem astana pun masih mengemban beberapa warisan nya.

Setiba di pusara.. segera kuhilangkan gambaran raut semrawut bangsa ini dulu... fokus ke rasa penasaran dan ingin tahu.. lalu .... hmmmm.. Pahlawan ini masih tampak gagah.

Jadi jauh menerawang ketika kami beristirat sejenak sambil lesehan di teras luar pusara : Kata pahlawan ingin ku definisikan ah.... itu hanya sebuah sematan penghargaan yang mestinya tanpa kriteria, ini muncul mestinya alamiah tanpa dipaksakan, harus nyata hasil kerjanya dan semua kita merasakan apa yang mereka ikhtiari..... itu PAHLAWAN, ujarku. Kawanku kembali meneguk minuman dinginnya dan dengan suara yang masih tertahan air ia berkata “kalau begitu Pahlawan adalah kata sandang, jadi ia bisa disematkan tidak hanya kepada orang yang sudah meninggal, bisa juga ke yang masih hidup dong ?”. Tentu.... aku mengeraskan suaraku, mestinya para Pemimpin Bangsa dan para Calon Pemimpin Bangsa ini harus sudah punya niat dan tekad menjadi pahlawan di hidup dan mati mereka, semakin meninggi suaraku. “Sssst.... jangan keras-keras, nanti punggawa astana negur kita lagi, kita kan lagi di sini” sambil hampir membekam mulutku sang kawan mengingatkan. Aku malah jadi aneh dan ingin tertawa.. lho..... beliau ga jadi Pemimpin atau CALEG lagi kan, terus kenapa mesti takut Berkata Bebas....?

Hehehe.... dengan terburu-buru kami melangkah pulang, bukan takut sang punggawa datang.. tapi memang hari semakin mendung.



Read On 32 komentar

Titip Ibuku ya Allah

Senin, April 13, 2009

ribuan kilo jalan yang kau tempuh
lewati rintang demi aku anakmu
ibuku sayang masih terus berjalan
walau tapak kaki penuh darah penuh nanah

seperti udara kasih yang engkau berikan
tak mampu ku membalas
Ibu.......

(Ibu : oleh Iwan Fals)

Tadi pagi semar menerima email dari seorang kawan yang kayaknya juga forward-an dari kawannya yang lain.... hmmmm penuh hikmah yang didapat setelah membacanya.
Semoga berkenan....


"Nak, bangun. udah adzan subuh. Sarapanmu udah ibu siapin di meja."

Tradisi ini sudah berlangsung 20 tahun, sejak pertama kali aku bisa mengingat. Kini usiaku sudah kepala 3 dan aku jadi seorang karyawan disebuah perusahaan tambang, tapi kebiasaan Ibu tak pernah berubah.

"Ibu sayang. ga usah repot-repot Bu, aku dan adik-adikku udah dewasa" pintaku pada Ibu pada suatu pagi.

Wajah tua itu langsung berubah. Pun ketika Ibu mengajakku makan siang di sebuah restoran. Buru-buru kukeluarkan uang dan kubayar semuanya. Ingin kubalas jasa Ibu selama ini dengan hasil keringatku. Raut sedih itu tak bisa disembunyikan. Kenapa Ibu mudah sekali sedih ?

Aku hanya bisa mereka-reka, mungkin sekarang fasenya aku mengalami kesulitan memahami Ibu karena dari sebuah artikel yang kubaca. Orang yang lanjut usia bisa sangat sensitive dan cenderung untuk bersikap kanak-kanak ... tapi entahlah..Niatku ingin membahagiakan malah membuat Ibu sedih. Seperti biasa, Ibu tidak akan pernah mengatakan apa-apa

Suatu hari kuberanikan diri untuk bertanya,
"Bu, maafin aku kalau telah menyakiti perasaan Ibu. Apa yang bikin Ibu sedih ? "
Kutatap sudut-sudut mata Ibu, ada genangan air mata di sana.

Terbata-bata Ibu berkata, "Tiba- tiba Ibu merasa kalian tidak lagi membutuhkan Ibu. Kalian sudah dewasa, sudah bisa menghidupi diri sendiri. Ibu tidak boleh lagi menyiapkan sarapan untuk kalian, Ibu tidak bisa lagi jajanin kalian. Semua sudah bisa kalian lakukan sendiri "

Ah, Ya Allah, ternyata buat seorang Ibu .. bersusah payah melayani putra-putrinya adalah sebuah kebahagiaan. Satu hal yang tak pernah kusadari sebelumnya. Niat membahagiakan bisa jadi malah membuat orang tua menjadi sedih karena kita tidak berusaha untuk saling membuka diri melihat arti kebahagiaan dari sudut pandang masing-masing.

Diam-diam aku bermuhasabah. .. Apa yang telah kupersembahkan untuk Ibu dalam usiaku sekarang ? Adakah Ibu bahagia dan bangga pada putera putrinya ?

Ketika itu kutanya pada Ibu, Ibu menjawab, " Banyak sekali nak kebahagiaan yang telah kalian berikan pada Ibu. Kalian tumbuh sehat dan lucu ketika bayi adalah kebahagiaan. Kalian berprestasi di sekolah adalah kebanggaan buat Ibu. Kalian berprestasi di pekerjaan adalah kebanggaan buat Ibu. Setelah dewasa, kalian berprilaku sebagaimana seharusnya seorang hamba, itu kebahagiaan buat Ibu. Setiap kalibinar mata kalian mengisyaratkan kebahagiaan di situlah kebahagiaan orang tua."

Lagi-lagi aku hanya bisa berucap, "Ampunkan aku ya Allah kalau selama ini sedikit sekali ketulusan yang kuberikan kepada Ibu. Masih banyak alasan ketika Ibu menginginkan sesuatu. "

Betapa sabarnya Ibuku melalui liku-liku kehidupan. Sebagai seorang wanita karier seharusnya banyak alasan yang bisa dilontarkan Ibuku untuk "cuti" dari pekerjaan rumah atau menyerahkan tugas itu kepada pembantu.
Tapi tidak! Ibuku seorang yang idealis. Menata keluarga, merawat dan mendidik anak-anak adalah hak prerogatif seorang ibu yang takkan bisa dilimpahkan kepada siapapun.

Pukul 3 dinihari Ibu bangun dan membangunkan kami untuk tahajud.

Menunggu subuh Ibu ke dapur menyiapkan sarapan sementara aku dan adik-adik sering tertidur lagi. Ah, maafkan kami Ibu . 18 jam sehari sebagai "pekerja" seakan tak pernah membuat Ibu lelah.. Sanggupkah aku ya Allah ?

" Nak. bangun nak, udah azan subuh .. sarapannya udah Ibu siapin dimeja.. "

Kali ini aku lompat segera.. kubuka pintu kamar dan kurangkul Ibu sehangat mungkin, kuciumi pipinya yang mulai keriput, kutatap matanya lekat-lekat dan kuucapkan,
" Terimakasih Ibu, aku beruntung sekali memiliki Ibu yang baik hati, ijinkan aku membahagiakan Ibu.". Kulihat binar itu memancarkan kebahagiaan. .. Cintaku ini
milikmu,Ibu. ..

Aku masih sangat membutuhkanmu. .. Maafkan aku yang belum bisa menjabarkan arti kebahagiaan buat dirimu.

Sahabat.. tidak selamanya kata sayang harus diungkapkan dengan kalimat " aku sayang padamu. ", namun begitu, Rasulullah menyuruh kita untuk menyampaikan rasa cinta yang kita punya kepada orang yang kita cintai karena Allah.

Ayo kita mulai dari orang terdekat yang sangat mencintai kita. Ibu dan ayah walau mereka tak pernah meminta dan mungkin telah tiada.
Percayalah.. . kata-kata itu akan membuat mereka sangat berarti dan bahagia.

Wallaahua'lam

"Ya Allah, cintai Ibuku, beri aku kesempatan untuk bisa membahagiakan Ibu., dan jika saatnya nanti Ibu Kau panggil, panggillah dalam keadaan khusnul khatimah. Ampunilah segala dosa-dosanya dan sayangilah ia sebagaimana ia menyayangi aku selagi aku kecil.
Titip Ibuku ya Allah
Read On 41 komentar

CERITA-CERITA (lucu) SEPUTAR PEMILU CALEG 2009

Sabtu, April 11, 2009

Dua hari setelah PEMILU CALEG 2009 ini adalah libur panjang, banyak waktu untuk mencermati perkembangan bangsa pasca PEMILU ini lewat TV dan koran, nah sebagaian yang lucu-lucu ada dibawah tuh hehehehe..... :


Sekelompok pemuda di Indonesia Timur membongkar rumah televisi di pos ronda kemudian membakarnya di tengah jalan, kenapa dibongkar? Karena mereka marah televisi diambil kembali oleh sang pemberinya yaitu seorang CALEG yang gagal menjadi LEG;
hmmm...... ngambek ni yeee... lucu engga....?

Kantor Cabang salah satu partai besar di segel massa, kenapa disegel...? karena massa tadi adalah para saksi TPS yang belum dibayar honornya dan ketika meminta pertanggung jawaban Ketua DPC malah kabur;
hmmm..... terus nyesel jadi saksi gitu kali yaks hehehe...... lucu engga....?

Di sebuah TPS di daerah Indonesia tengah, para pemilih mencontreng di sembarang tempat. TPS ini berada di daerah terminal dan hebatnya para pemilih bisa mencontreng sambil makan di rumah makan sekitar atau bahkan para supir mencontreng sambil berdiskusi;
hmmmm... hebat transparansi sampai ke PEMILU yaks... lucu engga ... ?

Seorang nenek yang sudah pikun marah-marah karena ketika hendak mencontreng dilarang untuk didampingi oleh petugas TPS, dan ketika ditanya oleh wartawan setelah mencontreng beliau menyampaikan kalo dia tidak mencontreng karena buta huruf;
hmmm... kebijaksanaan diperlukan di sana.... lucu engga.... ?

Seorang anggota DPR yang menjadi tersangka korupsi malah mendapat suara yang banyak di salah satu DAPIL, anggota DPR yang menjadi CALEG itu anehnya sudah pernah dipecat oleh partainya;
hmmmm... mungkin malah dia ga usah kampanye soalnya sudah sering muncul di TV dan koran... lucu engga...?

Terhitung sudah ada lebih dari 20 orang CALEG yang gagal menjadi LEG mengalami DEPRESI, malah sudah ada yang dilarikan ke Rumah Sakit;
hmmm..... seperti yang banyak diprediksikan.... lucu engga...?

Baru hasil Quick Count, beberapa pembesar partai sudah saling kunjung, katanya sih silaturahmi tambahan dan bahas kecurangan2 PEMILU CALEG;
hmmm... mestinya tambahin juga materi silaturahmi-nya dengan isyu percerpatan penyelesaian masalah LAPINDO atau penanganan Situ Gintung... betul engga.... eh... lucu engga ?

Hehehe.. just intermezo after elections ah... ada yang mo nambahin..........?
Read On 36 komentar

APA YANG TERJADI PASCA PEMILU CALEG 2009 ???

Kamis, April 09, 2009

Hmmm.....
Bukannya mau meramal atau mau mendukung salah satu atau salah beberapa peserta PEMILU Legislatif 2009 ini, tapi semar lihat di beberapa lembaga Quick Count hasilnya masih tidak berubah dari PEMILU 2004 yang lalu.

Lalu apa yang akan terjadi nanti jika hasinya seperti ini...?
Wah hanya Tuhan yang tahu....... hehehehe.., CALEG yang kita pilih tadi pun tidak bisa menjamin janji-janji yang pernah mereka teriakan sewaktu kampanye dapat mereka wujudkan... wah jangan-jangan mereka akan kaget nanti jika menjadi atau terpilih lagi menjadi legislator..... bukan apa-apa sekarang bangsa ini telah menjadi bangsa yang melek pollitik.... dan janji-janji sang CALEG dulu akan mereka tagih di lima tahun ke depan.

Yang menarik adalah, diperkirakan penguasa akan memiliki oposan yang berimbang dalam sisi jumlah (entah siapa itu).... nah dengan demikian Sang Masinis akan terus diawasi oleh Pengawas Sinyal dan kita sebagai penumpang harus bisa menjadi korektor yang baik juga... yang penting adalah setiap kebijakan Masinis jika melenceng harus segera diluruskan jangan tunggu mepet di pergantian masinis nanti..... hehehehe...

Jadi doa kita sekarang adalah : siapapun dia yang menjadi legislator Semoga Tuhan memberikan kebaikan dan kemampuan kepada yang terpilih.... Semoga Tuhan memberikan keikhlasan kepada para CALEG yang asalnya berniat tidak ikhlas menjadi legislator nanti.... Semoga Tuhan meridloi dinamisasi kehidupan bangsa ini digerakan oleh yang terpilih nantinya dan.... Semoga ......?
Read On 23 komentar

TIPS MEMILIH CALEG DI PEMILU 2009

Rabu, April 08, 2009

Besok adalah salah satu hari bersejarah bangsa Indonesia, hari yang menentukan apa wajah kita 5 tahun ke depan. Anggota DPR/DPRD yang akan kita pilih nantinya adalah orang2 yang akan memimpin bangsa ini dan sebagian lagi adalah orang2 yang berkewajiban menjalankan fungsi monitor pemerintahan kelak (oposisi)

Sedikit coretan semar... ada tip memilih CALEG untuk besok :

1. Sepagi mungkin kita bangun, Sholat Subuh (untuk muslim), akhiri dengan berdoa memohon petunjuk kepadaNya

2. Renungkan sebentar (sambil ngopi boleh juga tuh) siapa yang akan kita pilih.

3. timbang kebaikan dan keburukan CALEG tadi , kembalikan ke hati dan pikiran kita pantaskah ia...?

4. jika tidak pantas.... segera tentukan CALEG yang lain......

5. Jangan memilih CALEG yang tidak kita kenal atau tidak kita ketahui track recordnya

6. Jangan tergiur ajakan orang lain yang berbeda pilihan dengan kita dan jangan juga mengajak orang lain untuk memilih pilihan kita.... ingat secara alamiah semua akan terbukti.. jika kita memilih dengan hati dan pikiran yang jernih

7. Ketika hendak ke TPS jangan lupa bawa KTP, sepagi mungkin kita datang dan segera lakukan pencontrengan dengan membaca Basmallah...

8. Setelah selesai seluruh proses, awasi juga perhitungan suaranya... jika bukan anggota KPPS atau saksi, sebaiknya kita sebagai pemerhati saja tidak disarankan ikut campur... biarkan sistem yang bekerja

9. Jika ditemukan kecurangan menurut versi kita, jangan segan untuk mengumpulkan bukti dan segera melapor ke BAWASLU

10. Berdoa kembali... Semoga PEMILU 2009 ini mampu menghasilkan kondisi bangsa yang lebih baik.


Ada yang mau nambahin..... ?
Read On 28 komentar

Sekedar Coretan Lama .... ( undefined story )

Senin, April 06, 2009

Setengah lagi.....
Bulan malam ini setengah... paparan mega kadang semukan pandang menatapnya
Hitam putih... namun tampak indah dari sini.. dari jalan aku mendaki
Puncak masih jauh, semilir belerang perihkan mata hambat aku untuk bersauh
Beban bergelayut di badan, berat.. tapi tetap aku padan
Ya.. bulan tampak setengah... tuju ku tampak setengah... aku tampak pula setengah

Namun tak ada satu tanpa setengah bukan...?

Liku jalan kembali ku pandang, tampak tak indah... tapi rona malam seperti memberi ornamen semangat, paparan sinar bulan setengah membuatnya indah..
Gontai berganti tegap dengan setengah-mu kita berlanjut menuju puncak
Langkah kecilmu mulai memanduku ... hmmm dulu aku pandu engkau dengan nanar setengah-ku

Kabut belerang tak lagi hambat nafasku ketika aku berlari... tersebar di telan malam
Ya aku berlari menembus cadas hidup hingga bulan-ku tak lagi setengah....

(in Papandayan, medio Januari 2009)




Lagu ini pernah ku dengar
Menyayat hati dengan maknanya, sembusa-semai kembali ku telan, tak bisa ku sepah lagi..
Jalan di Ropongi tampak sepi, jalan ini mungkin tak akan terlihat lagi kelak, dengan sendiri ku

Oooo... pohon itu tampak berbeda dengan pohon ku, padahal aku tanam ia dalam sesak hutan beton yang sama
ya lagu ini seperti yang lalu... selalu indah dimana aku berada.

Berbelok aku ke arah Tokyo Tower.. tak ku lanjut.. malam terlalu indah untuk kunikmati sendiri
Aku laju dengan lagu yang pernah aku dengar ini... dulu saat bersamanya

(in Tokyo with elixir by Four Play, Juni 2006)




Matamu mirip mataku ...
Dengan sebaris doa kusambut engkau, kulantunkan sebaris kata khidmat memuja Pemberimu
Masih merah engkau, tapi pupil matamu tampak indah memandang tetesan air mata haru dan syahdu ku
Jauh terbayang aku lihat engkau memandangi kulit tua ayahmu kelak... terbelai rambut lusuh memanai nasib yang dulu

Jemarimu mirip jemariku ...
Dengan terus kulantunkan doa bahagia ku gendong engkau dalam hangat pelukannmu menuju dunia barumu
Dunia yang penuh irama dan pesona, dengan bergandeng kita akan melewati hempasan ke-fanaan ini
Kelak... kehangatanmu akan memapah tubuh tua ini ... hingga keharibaan-Nya

Pelahirmu masih tampak lelah mungkin terlalu lelah untuk aku cium keningnya dan kulafalkan terima kasih
Semoga bahagia juga ada di setiap senggal nafasmu yang terhembus....

(in Jakarta, 18 November 2002)







Read On 14 komentar

dari WS.RENDRA untuk (CALON) PEGUASA dan KITA

Minggu, April 05, 2009

Mantav....

Hari ini ga kemana-mana cuma mampir ke undangan saudara terus di rumah, sedikit berleha-leha.. tapi ups... kacau neh kalo di terusin bisa jadi males ngapa2in... OL ah......!!! wah lemot sulemot neh koneksi inet-nya... pending lagi hehehe...(makanya sory telat nyambangin temen2 semua.... )

Baca koran..... hmmmm... isinya standar (belum ada kejutan lagi).... mulai dari kampanye caleg yang ramenya karena tawuran antar pendukung (dangdut) caleg..... relokasi korban Situ Gintung yang belum 100 % mau (ya sudah sabar aja sodaraku seperti kata Ustadz Arifin Ilham).....dan yang sedikit menarik adalah peluncuran roket KORUT.. (tapi itu nanti aja dicritainnya)

Lho kok.... ada buku lama semar yang sudah dikira hilang... Kumpulan Puisi Rendra.... wah asyik nih mo bernostalagi ah.....

Baca... menarik... ini puisi yang cocok buat kondisi sekarang.. untuk kita... untuk mereka yang berkompetisi menjadi pemimpin.... (apa maknanya saya kembalikan ke Mas Rendra dan sobats semar semua)....


Ketika Langit Dan Bumi Bersatu Sering kali aku berkata, ketika orang memuji milikku, bahwa sesungguhnya ini hanya titipan, bahwa mobilku hanya titipanNya, bahwa rumahku hanya titipanNya, bahwa hartaku hanya titipanNya, bahwa putraku hanya titipanNya, Tetapi, Untuk apa Dia menitipkan ini padaku? Dan kalau bukan milikku, apa yang harus kulakukan untuk milikNya ini? Adakah aku memiliki hak atas sesuatu yang bukan milikku? Mengapa hatiku justru terasa berat, ketika titipan itu diminta kembali oleh-Nya? Ketika diminta kembali, kusebut itu sebagai musibah, kusebut itu sebagai ujian, kusebut itu sebagai petaka, kusebut dengan panggilan apa saja untuk melukiskan bahwa itu adalah derita. Ketika aku berdoa, kuminta titipan yang cocok dengan hawa nafsuku, aku ingin lebih banyak harta, ingin lebih banyak mobil, lebih banyak popularitas, dan kutolak sakit, kutolak kemiskinan, Seolah ... Semua "derita" adalah hukuman bagiku. Seolah ... Keadilan dan kasih Nya harus berjalan seperti matematika. Aku rajin beribadah, maka selayaknyalah derita menjauh dariku, dan nikmat dunia kerap menghampiriku. Kuperlakukan Dia seolah mitra dagang, dan bukan kekasih. Kuminta Dia membalas "perlakuan baikku", dan menolak keputusanNya yang tak sesuai keinginanku, Gusti, Padahal tiap hari kuucapkan, hidup dan matiku hanyalah untuk beribadah... "ketika langit dan bumi bersatu, bencana dan keberuntungan sama saja"
(WS Rendra).

Hariku Telah Tiba...

(Ajalku Telah Menjemput) Hariku telah tiba... Ajalku telah menjemput.... Selamat tinggal semua.... Saat ini semua sunyi..., begitu sunyi.... Tidak ada lagi... arti harta.... Tidak ada lagi... arti jabatan.... Tidak ada lagi... arti keangkuhan.... Tidak ada lagi... arti kesenangan duniawi.... ya ALLAH.... Andai... aku diperbolehkan kembali lagi ke dunia.... aku akan.... Mengikuti perintah-MU dan menjauhi larangan-MU ya ALLAH.... Aku akan rajin beribadah.... Aku tidak akan menyakiti hati kedua orang tua.... Aku tidak akan menyakiti hati guru.... Aku tidak akan menyakiti hati teman.... Aku tidak akan menyakiti hati orang lain.... Aku tidak akan melakukan tipu daya.... Aku akan penuhi semua hutangku, janjiku,.... Aku akan bertaubat dan tidak akan melakukan maksiat lagi.... Tapi kini... aku sudah di alam barzakh ini..., dan tidak dapat melakukan itu semua.... Kini.tinggal menunggu... pengadilan.... di hari akhir nanti....
Read On 13 komentar

AKHIRNYA.... PECAH JUGA TELUR PAGE RANK GOOGLE SEMAR .....

Jumat, April 03, 2009


Kaget.... seneng... ga percaya....

Mantav... sekali waktu diiringi gemercik hujan, udara sangat nyaman diselingi lantunan lagu Four Play memberi suasana bertambah syahdu, menderu desiran hasrat, membuat melana mengawang..... hmmmm.... (apaan sih kok jadi puitis gini hehehe.....).


Ceritanya gini sobs.... ga sengaja masuk TOP SERATUS.COM sekedar mo lihat blogger2 lain yang mantav, semar mah ga pernah lebih bagus dari peringkat 60-an hiks...hiks...... dan memang seperti yang diduga peringkat semar di 84 wew..... tapi ada yang aneh pas liat ke status blog semar... kok PR-nya "2"... wehhhh.... ga salah liat nih... yang bener ah... lha wong nge-blog blom ada 5 bulan, trafiknya ga hebat... boong kali neh....

Biar ga penasaran semar ngecek ke http://www.prchecker.info ... sama http://www.mypagerank.net/ ... eh bener PR-nya 2. Ah lagi error kali tu checker... ta'coba lagi ke http://www.iwebtool.com/pagerank_checker .... dicek... bener juga 2 hmmmm.. ta'coba lagi ke http://www.freakz.ro/pr/ ... 2 juga hasilnya... mantav... biar ga penasaran di cek lagi ke http://www.pagerankprediction.com/ apa bener dia ngeramal blog semar sudah pecah telurnya... weeeeh... malah dia ngeramalin 4 PR-nya.

Hehehe... bukan mo muter2 sob.... tapi mo cek and ricek aja, dan Alhamdulillah pecah euy telur semar eeh...... telur PR semar hehehe.....

Terima kasih tiada terkira buat sobat blogger se-Indonesia dan dunia yang sudah banyak bantu semar ngebangun ini blog... ga bagus tapi akan menjadi lebih bagus ... Amiiin..

O iya... dulu dah janji ya kalo pecah telur PR, semar mo ngasih award.... siaplah janji pasti ditepati.. tapi give the time yaks... semar lagi mo ngurusin kolam dulu... ujannya mule ga teratur nih, ntar ikannya demo lagi hehehe...

Ok sob... Nice to be a blogger, get the spirit and get more friend... trust me... :)


(BTW.... ada saran ga biar ga balik jadi telur lagi.....plz)
Read On 35 komentar

....... 7% ........

Kamis, April 02, 2009


Suatu ketika seorang manusia diberi kesempatan untuk berkomunikasi dengan Tuhannya dan berkata, “Tuhan ijinkan saya untuk dapat melihat seperti apakah Neraka dan Surga itu.

Kemudian Tuhan membimbing manusia itu menuju ke dua buah pintu dan kemudian membiarkannya melihat ke dalam.

Di tengah ruangan terdapat sebuah meja bundar yang sangat besar, dan di tengahnya terdapat semangkok sup yang beraroma sangat lezat yang membuat manusia tersebut mengalir air liurnya. Meja tersebut dikelilingi orang-orang yang kurus yang tampak sangat kelaparan.

Orang-orang itu masing-masing memegang sebuah sendok yang terikat pada tangan masing-masing. Sendok tersebut cukup panjang untuk mencapai mangkok di tengah meja dan mengambil sup yang lezat tadi.

Tapi karena sendoknya terlalu panjang, mereka tidak dapat mencapai mulutnya dengan sendok tadi untuk memakan sup yang terambil.

Si Manusia tadi merinding melihat penderitaan dan kesengsaraan yang dilihatnya dalam ruangan itu.

Tuhan berkata, “Kamu sudah melihat NERAKA”

Lalu mereka menuju ke pintu kedua yang ternyata berisi meja beserta sup dan orang-orang yang kondisinya persis sama dengan ruangan di pintu pertama. Perbedaannya, di dalam ruangan ini orang-orang tersebut berbadan sehat dan berisi dan mereka sangat bergembira di keliling meja tersebut.

Melihat keadaan ini si Manusia menjadi bingung dan berkata “Apa yang terjadi ? kenapa di ruangan yang kondisinya sama ini mereka terlihat lebih bergembira ?”

Tuhan kemudian menjelaskan, “Sangat sederhana, yang dibutuhkan hanyalah satu sifat baik”

"Perhatikan bahwa orang-orang ini dengan ikhlas menyuapi orang lain yang dapat dicapainya dengan sendok bergagang panjang, sedangkan di ruangan lain orang-orang yang serakah hanyalah memikirkan kebutuhan dirinya sendiri”

Diperkirakan bahwa 93% penerima tidak akan memforward cerita ini. Bila anda termasuk sisa 7% yang akan memforwardnya, lakukanlah dengan memberi judul 7% pada titlenya.

Saya termasuk yang 7% tadi, ingatlah saya akan selalu ada untuk berbagi sendok dengan anda!
Read On 10 komentar

SCAM PTC

Rabu, April 01, 2009


My friends....

If you're a PTC lover, be careful with this list, I get it from PTC Talk ....

1
100cents-1000dollars.com
100-dollars-mail.com
100dollarsmails.com
1-800-Mail.com
1stprofit.com

2
200dollars-email.com
200dollarsmail.com
200eurocent-200euro.com
200euromails.com
20dollarsmail.com
25dollarsmail.com
25-dollars-mail.com
2dollaremails.com

3
300dollarsmail.com
30dollarsmail.com
37-21mail.com

4
400dollarsmail.com

5
500cents-500dollars.net
500cents-500dollars.org
500pounds-and-500pence.com
50dollarsmail.com
520Searcher.com

6
60euromail.com

7
7centsolos.com

8
8cent-emails.com
80euromail.com

a
aaa-mails.com
ad-fortune.com
ahacash.com
allcashmail.com
allyousubmitters.com
almiyachts.com
alwayspay.com
american-mails.com
amigoemail.com
annies-biz.com
apachemails.com
applemails.com
appolomails.com
arabbux.com
arcane-mails.com
auction-emails.com
awsurveys.com

b
babyloncash.com
bank-mails.com
beehivemails
best-hyip.be
beta-cash.com
bettybucks.com
bigdollat-mails
biggestdollars.com
boffopaidmail.com
bondjamesbond.net
bugcash.com

c
can-discount.com
cannabismails.com
cash4hits.com
cashbux.com
catch-cash.com
cash-kitty.com
cashnclicks.com
cashpointclicks.com
cashread.com
cashsea.com
catch-cash.com
cclass-act-clicks.com
chobitmails.com
clickbux
clickbuxx.com
clickingmoney4u.com
cooperativemail.com
copymails.com
cosmicwealth.com
coverclicks.com
cowboy-mail.com
cream-mails.com

d
dailyclicks.net
daydayupemails.com
deepseacash.com
delta-cash.com
dollar-factory.com
dollarslove.com
dolphincents.com
dragone-search.com
dragonhole.com
dreamstarmail.com
drumcash.com
dungeonanddragonemails.com

e
earnup.com
email2rewards.com
emailpremium.com
emailprofit.us
emailspayu.net
emails-empire.com
englandbux.com
enjoyfunds.com
eurobox.com
eurocentsmail.com
expert-mails.com

f
fairydollars.com
farland-cash.com
fastbux.com
fillmyaccount.com
filmyinbox.com
flashrich.com
fuckingsituation.com
funkycashmail.com

g
gamma-cash.com
gem-mails.com
getpaidbyemail.com
getpaideasy.com
getpaidwatch.com
giga-cash.com
goaio.com
goldenemail.com
golfmails.com
goodluck-email.com
google-mails.com
green-cash.com
greetgold.com

h
halfmillionmails.com
happyearning.com
highbidppc.com
holiday-mails.com
hollywood-mail.com
honestmails.com
huge-mails.com
husky-mails.com

i
icashout.net
ice-mails.net
ilikeemails.com
intgold.com
ippomails.com

j
jays-paidmail.com
job-readmail.com
junglecash.com

k
kiddays.com
kitcatcash.com
klikini.net

l
lightstarmail.com
linkread.com
littleengineptr.com
loading-mails.com
logans-legacy.com
lolclicks.com

m
magnetismail.com
malisanko-emails.com
mangoemails.com
many-mails.com
maystromails.com
mdbux.com
medal-mails.com
mega-ptr.com
meggarichemails.com
mellow-mails.com
metal-emails.com
metalpaidread.com
meteor-mails.com
michellesrandomizer.com
milion-mail.com
million-mails.com
millionaire-mail.com
mimimcash.com
mnmbux.com
moneybagsmail.com
moneybux.com
moneyems.com
moneymouser.com
moneysbank.com
mygpt.com
mysweetheartmail.com

n
nature-mails.com
netgold4u.com
number-emails.com
numenmail.com

o
ohomails.com
onedollarmail.com
one-mails.com
oneperson-mail.com
orangemails.com
oursharedsuccess.com
ourpaidmail.com

p
paidmail.ru
paidmailengine.com
paidstation.com
paidsolos.com
paidworld.com
paidyousure.com
payyou123.com
payyoudollar.com
perfect-emails.com
pekingcash.com
petromails.com
pizzamails.com
platinum-investment.com
platinum-mails.com
polarbearmails.com
prettyptr.com
probux.net
profitfrommails.com
ptr-hun.com
puppypaid2clicks.com

q
quality-profits.com

r
rainbow-mails.com
realmails.com
rivermails.com
rosenet-emails.com

s
scarlettmails.com
secret-mails.net
sea-mails.com
seekcashmail.com
sepooq.com
seriousbucks.com
silvanamails.com
siteclubemail.com
smile-email.com
solarclick.com
southmails.com
sprint-cash.com
spidermanemails.com
strongptr.com
studio-mail.com
sunday-mails.com
super-program.com
superstarmail.com
Surfjunky.com
surfanearn.net
surforhits.com
surprisemails.com
systemmails.com

t
tarbux.com
tendollarsmail.com
teneuromail.com
thegoldclick.com
thegoldmail.com
timelessearn.com
tnt-e-mail.com
tombmailer.com
tons-referrals.com
topdollaremails.com
trade-mails.com
trustfulmail.com
twodollarsmail.com
tycoonmails.com

u
usa-canada-email.com
united-empire.com
universalclix.com.br

v
Viper-clicks.com

w
webbercash.com
wingmails.com
woo-mails.com
worldwidemails.com

z
zwallet.com
Read On 16 komentar

Tetap Bertaut

Share/Save/Bookmark

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner



RSSMicro FeedRank Results

PageRank My BlogCatalog BlogRank

Multiply the traffic to your website... FREE

Dukung Semar di....


100 Blog Indonesia Terbaik
Top Global Site

Kemenakan Semar


Wadya Balad Semar

Semua Link dan Banner ada di dalam gambar ini, silahkan klik....

Wadya Mahkota Semar

Dengan tidak mengurangi rasa hormat, saya letakan Award dari sobat semua dalam gambar di bawah ini, silahkan di-klik jika berkenan melihatnya :

Bertukar Link

Banner Link

Photobucket
Text Link

Yang Paling Berkata Bebas

Yang Sudah Berkata Bebas