Semar Berkata Bebas
berbagi kata dengan rasa... berbagi rasa dengan hati...

Apa Artinya Sebuah Nama

Label:

Gambar ini dikasih sama mbah Gugel

Kenapa orang sunda namanya kebanyakan berulang di akhir suku kata nama awal dan belakang, misal Ani Suhaeni, Dada Rosada, Neni Rostiani.... ?
Sebagei pituin (bahasa : asli) sunda semar juga ga tau tuh.. kenapa....hehehe... mungkin karena kebanyakan orang sunda seneng yang simpel dan mudah diinget orang, tuh buktinya banyak artis sunda yang namanya ribet di ganti biar lebih mudah diinget orang hehehe.. ah itumah biar tenar aja kaleee..

Ada cerita tentang pengulangan suku kata ini :
Namanya mang Endim (sebut saja demikian), dia seorang multi profesi dengan multi talenta, pekerjaannya tidak hanya sebagai buruh tani tapi dia melintas juga menjadi pedagang buah di pasar atau bahkan sekali waktu menjadi penjaja gorden, hebatnya lagi terkadang dia juga ngamen suling di perempatan kota.
Selain multi profesi mang Endim juga multi karya.. buktinya di umur perkawinannya yang baru menginjak 15 tahun, bi Eti sang istri sudah memberikan anak sebanyak 10.. wuihhhh.. benar-benar multi karya.. hahaha
Nah mang Endim ini termasuk orang yang ingin nama-nama anaknya mudah diingat, lihatlah deretan nama anaknya : Tata Nandita, Rani Purwani, Didi Tarmidi, Nani Witarni, Jaja Sutarja, Ima Sutrima, Dani Ramdani, Dita Andita, Nana Taryana dan Ningsih Rustiningsih.... mantav mang...

Sekarang mang Endim lagi duduk termenung di sebuah rumah makan di depan puskemas desanya setelah tadi malam begadang menunggu kelahiran anak yang ke-11 wehhhh...., termenung mikirin biaya persalinan ya mang....? ah engga Cuma bingung aja tuh CAPRES-CAWAPRES kan sudah pada kaya kenapa masih mau jadi PRES-WAPRES ya.. coba uangnya buat mamang kan bisa dijadiin modal bikin tambak ikan patin... hihihi sambil nyruput kopi item dia berujar... waaahhh.. selamat ya mang anaknya udah lahir, namanya siapa mang?.. o iya sama-sama, nah itu juga yang bikin mamang bingung suster sudah nanyain nama anaknya buat bikin akte kelahiran, mamang pengen namanya mirip-mirip kayak kakak2nya... apa ya....? matanya menerawang,.... lama... akhirnya setelah melihat daftar menu yang menempel di dinding rumah makan, dia tersenyum lalu berpamitan... eh udah dulu ya.. mamang sudah punya nama mau kasih tau suster......
Bu suster.. namanya sudah ada.... ICEU JUWICEU.....

Hahaha.... rupanya mang Endim terinspirasi salah satu menu minuman di rumah makan tadi...
Dah ah.. maafkan saya mang Endim...
(jika ada nama yang tertulis di atas, maafin yaks hihihihi... just kidding.. cape liatin berita-berita yang bikin panas.....)
41 komentar:

nyepam dulu...baru baca....


haha.... aku bukan sunda, tapi nama aseliku berulang...sunda pisan euy. waktu kuli disangka orang sunda, aku bilang "ia sunda kelapa!"

kalo panas... ya minum aja iceu juwiceu!


kayak aku .....orang sunda kali yeh??
Iwan setiawan.


hahaha lucu lucu dan menghibur,thank


seperti yang tela di katakan ngkong william shakespares APALAH ARTI SEBUAH NAMA,tapi memang untuk nama dalam sebuah bisnis punya arti dan makna khusus dan membuatnya tak sekedar nama biasa namun ada maksud dan pesan yang ingin di sampaikan agar orang atau para konsumen bisa mengingatnya,hehehheeh salam


NAMA TAK SEKEDAR PANGGILAN TAPI KITA DARI MASA KECIL ATAU BAYI ORANG TUA KITA MEMBERIKAN SATU NAMA BAGI KITA YENTU MEMPUNYAI SATU ARTI DAN MAKNA AGAR BAGAIMANA BISA SELARAS DALAM KEHIDUPAN KITA,SECARA UMUM KITA HATI DALAM MEMBUAT NAMA,KARNA KITA JUGA INGIN BISA MENYAMPAIKAN SATU MAKNA,SALAM


ha..ha..emang bener kang, inget kalo bcnda dulu sama temen suka ngeledekin nama yg akhirannya di ulang gitu, misal nama Asep jd asep suresep, cecep jadi cecep surecep. he he.


wah,,kalu tanpa nama,,
manusia bisa berabe dipanggilnya
hahahahahaha


Hehe ... bener oge, Kang! Namaku Ani Rostiani bukan berarti ortu teu kreatif, kan ? Ciri khas sunda eta teh. Bangga, Kang! Berarti abdi teh nyunda. Sunda teh hartosna 'cahaya', berarti abdi teh ngaburinyay, nya! haha ...


hehehe thank dah jalan2 artikel kamu bagus2 kapan2 kalo mau tukeran link vall me back yapz


xixixxixi.. kalo capres cawapres mengandung kata pengulangan dengan makna apa ya?
kang semar : onok onok ae


Wah saya baru ngeh kalo nama sunda itu kebanyakan berulang, tapi gpp itu bagus jadi ada ciri khasnya, lebih bagus lagi kalo kotanya dibikin banyak ciri khasnya, seperti kota Bali :D

Regards,
Ghustie Samosir

www.hanyainfo.blogspot.com


semoga nama yang diberikan orang tua bisa membawa berkah buat saya khususnya he3...

baca dulu ah.. numpang nyepam mas

http://awalsholeh.blogspot.com/2009/06/dukungan-bagi-ibu-prita-mulyasari.html


Met siaang...kang Semar..
Klo mang endim disuguhi lauk pakai ikan nila goreng, sepertinya ia akan kasih nama "nila karmila"...


baca pstingannya semar seneng juga, cz menghibur sih....nice post
thx ya....


punyaku .biz, itu gw beli karena .com nya abiss,,,hehe..Blogwalking @ afternoon, happy blogging, visit me back ok.


nama gak penting.. yang penting kualitas bro...


Nama itu penting juga loh... mengisahkan kualitas dari orang nya dan sifatnya..apalagi yang unik, pasti orang , gampang inget.


ARTI sebuah nama.... sangat penting tuh... untuk orang seperti saya. meningkatkan kepercayaan konsumen.


untung we abdi teu dipasihan nami tatang suratang... :))
ha..ha...


kangtatang


seperti kata pak wiliams shakepares mas ,apalah arti sebuah nama,salam


Tapi dalam urusan satu usaha dan bisnis nama sangat berpengaruh terhadap satu nama atau merk jualan yang di tawarkan ke masyarakat,dan itu tak sembarang di buat dalam artian sebelumnya di lakukan satu riset dan sejenisnya,agar nanti bisa booming di masyarakat,gitu mas kurang lebihnya


Nama mungkin tidak harus berarti, tapi penting.


Ah pakde deh mang Endim nama bapakku tahu..iiih aku protttessss.tapi ga apa2 deh biar tenar ,paling ntar kalo bapakku tahu pakde didatengin sama bapakku dari liang kubur hiii...karna bapakku udah wafat...hihihi


@ ateh75 : hahahaha... kan udah minta maaf di atas... ampuuuunnnn.... :))


ya udah minta maaf nya sama Bapakku kalo ntar dateng malem 2 ke pakde ...jangan takut ya bapakku kumisnya gede hiii...


nama yang pantas buat ku apa ya....
(wexxzzzz)


Konsep blognya bagus. . Sukses ya sob. .


@kang-dwi : yang pas Rd. Mas Dwi Dwinata Kusuma Dilaga...

@Awang : terima kasih sobat


haizz.. sya kurang bisa dapet inti ceritanya... -_-


hihiihiii....iya ya! ko bisa yah???? kaya aku juga neh pak semar riri maysyuri hehe...


nice info....

sukses selalu ya.....


di tunggu ya kunjungan baliknya......

salam

Blog Aan


he...he....apalagi org sunda ya,tapi yg jaman baheula.


wkwkwkwkw..
soal nama ga usah di permasalahkan mas....


Assalamualaikum..
bagus artikelnya... kocak. he..he...




sukses terus...


Nama adalah DO'A, dmikian kyakinan islam. Pilihlah nama trbaik& indah agar pribadi yg disematkan padanya nama trsbt dpt berhias diri/ trmotifasi dgn namanya! Bahkan dihari akhirat setiap org akan dipgl dgn namanya didunia...Fulan Bin Fulan...


Cari nama jangan asal cuma indah diucap tapi yg lebih penting bagus artinya, karena seperti kata mbak Anaa nama adalah Do'a.


Nami urang teh Enang artina apa kang semar ?


Posting Komentar

Berkata-kata lah dengan bijak dan membuat arti, jangan takut untuk berdebat. Lebih sempurna jika menggunakan Nama dan URL sobat

Tetap Bertaut

Share/Save/Bookmark

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner



RSSMicro FeedRank Results

PageRank My BlogCatalog BlogRank

Multiply the traffic to your website... FREE

Dukung Semar di....


100 Blog Indonesia Terbaik
Top Global Site

Kemenakan Semar


Wadya Balad Semar

Semua Link dan Banner ada di dalam gambar ini, silahkan klik....

Wadya Mahkota Semar

Dengan tidak mengurangi rasa hormat, saya letakan Award dari sobat semua dalam gambar di bawah ini, silahkan di-klik jika berkenan melihatnya :

Bertukar Link

Banner Link

Photobucket
Text Link

Yang Paling Berkata Bebas

Yang Sudah Berkata Bebas